Tuesday 25 October 2011

Cerita rakyat

,
Pada zaman dahulu ada sebuah pesantren kecil di sebuah bukit. Pesantren tersebut bernama bukit tinggi . pendiri bukit tinggi tersebut adalah mas darwoto ( aji samaratama ) atau sering dipanggil kyai woto. pesantren tersebut berdiri sekitar tahun 1787 . Pada zaman itu pesantren tersebut adalah tempat syiar agama islam pertama kali di bukit itu.

Kyai woto mempunyai seorang putri yang cantik sekali , berita kecantikanya tersebut telah tersebar sampai ke daerah kerajaan. Pada suatu hari pangeran Adi jaya sukarta dari kerajaan dhamang mendengar berita itu . pangeran yang sangat suka dengan wanita dan brangasan itu ingin sekali mencari tau tentang putri tersebut . akhirnya pangeran tersebut pergi kebukit pesantren itu. setelah sampainya di pesantren tersebut pangeran itu melamar putri kyai woto tapi , kyai woto memberikan persyaratan kepada pangeran adi . Persyaratan nya pangeran harus masuk agama islam. Tapi sang pangeran tidak mau,

Pangeran pun menantang kyai woto untuk mengadu kesaktian. Akhirnya mereka berdua bertarung dengan hebatnya , pertamanya tidak ada yang kalah maupun menang karena mereka berdua sam" sakti. Tapi karena kecorobohan sang pangeran yan g sudah menganggap lawanya mudah , akhirnya dia lengah dan kalah dengan jambuklan sorban yang dipakai kyai woto. Dan akhirnya sang pangeran tersebut mati dan gagal mendapat kan putri kyai woto.

by ; http://cinta-cintaremaja.blogspot.com

0 comments to “Cerita rakyat”

Post a Comment

 

HISTORIS PACITAN PARADISE Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates